SAP 2000

main_sap

KATSAP2000

Seri Program SAP merupakan salah satu program analisis dan perancangan struktur yang telah dipakai secara luas di seluruh dunia, di mana program ini adalah hasil penelitian dan pengembangan oleh tim dari University of California, Berkeley di bawah pimpinan Prof. Edward L. Wilson selama lebih dari 25 tahun.

Peluncuran program pertama kali sejak tahun 1970, dengan versi awal merupakan program berbasis teks (DOS). Input dimasukkan lewat teks dengan format tertentu yang kemudian dianalisis dan bisa ditampilkan hasilnya ataupun dilakukan pemeriksaan model struktur baik dalam bentuk teks maupun grafis, walau demikian perubahan terhadap model tetap harus dilakukan pada teks input data, tidak langsung pada tampilan grafisnya.

Setelah versi SAP90, mulai dipasarkan versi SAP2000 yang sudah berbasis grafis dan beroperasi dalam sistem Windows. Dengan sistem yang sudah berbasis grafis ini maka proses pembuatan model, pemeriksaan, tampilan hasil sampai pada perancangan dapat dilakukan secara interaktif langsung terhadap gambar model di layar, walaupun versi ini juga bisa menerima input data teks. Kepraktisan tersebut membuat SAP2000 menjadi lebih familier dan user-friendly bagi penggunanya, di samping beberapa fasilitas yang akan dijelaskan kemudian.

Tampilan Layar SAP2000

FASILITAS SAP2000

Model, Analisis & Desain

Untuk kemudahan penggunaan, terutama bagi pengguna yang sudah mahir, selain membuat model dari awal, SAP2000 telah menyediakan beberapa variasi template (model siap pakai) jenis (tipe) struktur misalnya simple beam sederhana, truss jembatan 2 dimensi, tower rangka 3D, portal 2D/3D, portal dengan pengaku, dinding, dan masih banyak lagi. Pengguna selanjutnya tinggal memodifikasi seperlunya sehingga proses analisis dan desain dapat lebih cepat dilakukan.

Berbagai Jenis PilihanStruktur dalam SAP2000

Dalam SAP2000, proses analisis dan desain dapat dilakukan langsung dalam satu program yang terintegrasi sehingga memudahkan pekerjaan. Setelah analisis selesai dilakukan dan didapat hasil yang benar selanjutnya dapat langsung dilakukan desain struktur untuk memperoleh dimensi profil atau tulangan baja yang mencukupi. Analisis ulang dan redesain juga dapat dengan cepat dan mudah dilakukan kembali.

Contoh Hasil Desain Struktur dalam SAP2000

Tampilan Nyata

Model struktur pada SAP2000 dapat diidealisasikan dalam berbagai macam elemen, antara lain elemen joint (titik), frame (batang), shell (pelat), sampai pada elemen solid (pias elemen 3 dimensi untuk pemodelan elemen hingga / finite element), sebagai aktualisasi elemen sebenarnya. Misalnya balok dan kolom pada bangunan bertingkat dimodelkan sebagai elemen frame, pelat jembatan atau dinding geser sebagai shell, tubuh bendungan dibagi-bagi dalam pias-pias kecil elemen solid, dan lain-lain.

Hasil Tampilan Fasilitas Extrude View pada SAP2000

Pengolahan Input / Output

Setelah selesai dilakukan analisis dengan sukses maka selanjutnya dapat ditampilkan hasil analisis secara visual antara lain deformasi (perubahan bentuk / lendutan) serta gaya-gaya dalam (momen, geser, aksial) pada struktur. Hasil analisis ini dapat juga diketahui nilainya secara aktual dan interaktif langsung pada tampilan yang ada di layar. Output tersebut juga bisa ditransfer dalam bentuk laporan seperti tabel ataupun teks, seperti yang akan dijelaskan lebih lanjut berikutnya. Selain itu, dapat dibuat juga gambar tampilan input/output  tanpa harus memakai program lainnya lewat menu Capture Picture untuk kemudian diolah lebih lanjut, seperti yang digunakan penulis dalam membuat gambar-gambar dalam buku ini; juga bahkan rekaman animasi video output tertentu, misal gerakan deformasi atau tahapan defleksi struktur akibat pembebanan bertahap.

 Tampilan Visual Output Deformasi Struktur

 Tampilan Visual Output Gaya Dalam pada Struktur

 

Gambar Hasil Capture Layar Tampilan SAP2000

 

Perekaman Video Hasil Output SAP2000

Ekspor dan Impor Data

Seperti yang telah dijelaskan, hasil analisis juga dapat ditampilkan dalam bentuk teks ataupun tabel yang selanjutnya dapat diolah menjadi bahan laporan ataupun untuk hitungan lebih lanjut. Misalnya hasil analisis dapat ditampilkan dalam bentuk tabel data  yang selanjutnya dapat diekspor ke format Microsoft Excel.

 Fasilitas Ekspor Data SAP2000 ke MS Excel

Fasilitas impor data pun juga tersedia dalam SAP2000. SAP2000 mampu menerima data dalam bermacam format, misal data teks input SAP90, input model SAP dari versi yang lebih awal / lama, data Microsoft Excel, bahkan data dari gambar semacam AutoCAD (format .dxf). Fasilitas pertukaran data antar format program ini akan sangat terasa manfaatnya terutama pada model-model yang cukup rumit / kompleks.

Impor Data AutoCAD ke SAP2000

 

 

 

Leave a reply