ATENA

KATATENA
ATENA image gallery

Penelitian mengenai perilaku komponen struktur dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu penelitian eksperimental dan analisis non-linier elemen hingga. Penelitian eksperimental akan menghasilkan perilaku aktual struktur, namun memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit serta untuk kasus tertentu memerlukan peralatan laboratorium yang khusus. Analisis non-linier elemen hingga dengan program komputer memang hanya akan menghasilkan pendekatan dari perilaku struktur, namun cukup efektif dalam hal waktu, biaya dan peralatan yang digunakan. Dengan memahami cara kerja program serta menggunakan data-data yang akurat, akan diperoleh perilaku yang mendekati kondisi sebenarnya dari struktur.

Metode elemen hingga merupakan prosedur numerik yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan fisik dalam bidang engineering. Metode ini mulai berkembang pada awal tahun 1900-an, ketika beberapa peneliti memodelkan batang elastis dengan suatu model diskrit. Namun orang pertama yang dianggap berperan besar dalam mengembangkan metode elemen hingga adalah Courant dengan publikasinya pada tahun 1943 tentang penggunaan interpolasi polinomial untuk menyelesaikan permasalahan torsi. Perkembangan berikutnya yang sangat signifikan dilakukan oleh Boeing pada tahun 1950-an ketika menggunakan elemen-elemen tegangan segitiga untuk memodelkan sayap pesawat terbang. Pada tahun 1960, dalam publikasinya Clough memberikan istilah ‘elemen hingga’ untuk metode ini, yang membuat metode ini semakin populer. Sejak tahun 1960-an para peneliti mulai mengembangkan berbagai program komputer berbasis elemen hingga untuk menyelesaikan permasalahan dalam bidang engineering. Sampai saat ini banyak program komputer berbasis elemen hingga yang telah beredar, diantaranya yang cukup banyak digunakan adalah ANSYS, ADINA, DIANA, ABAQUS, SAP2000 dan ATENA.

ATENA merupakan program komputer berbasis elemen hingga khusus untuk menganalisis permasalahan struktur beton. Program ini dikeluarkan oleh Cervenka Consulting dalam bentuk full version dan demo version. Perbedaan antara kedua versi tersebut adalah dimana pada demo version dibatasi jumlah elemen yang dapat dimodelkan. Demo version dari program ini dapat diunduh secara gratis di website resminya yaitu www.cervenka.cz. Dalam modul ini program yang digunakan adalah ATENA 2.1.8 Demo.

ATENA 2.1.8 Demo terdiri dari beberapa paket program, yaitu ATENA 2D, GiD, ATENA Win dan ATENA 3D Post. ATENA 2D digunakan untuk pemodelan dan analisis permasalahan dua dimensi. Untuk permasalahan tiga dimensi pemodelan dilakukan dengan GiD, kemudian analisis dilakukan dengan ATENA Win, dan hasil analisis dari ATENA Win dapat dilihat secara grafis dengan ATENA 3D Post. Dengan banyaknya paket program yang harus digunakan untuk melakukan pemodelan dan analisis, maka menjadi sangat penting untuk memahami cara kerja dan prinsip-prinsip dasar masing-masing program sebelum melakukan analisis dengan program ini. Tanpa memahami cara kerja dan prinsip-prinsip dasar dari program akan diperoleh hasil analisis yang tidak akurat.